Beberapa Sektor Usaha Yang Mampu Bertahan Di Saat Pandemi

Banyak dari pelaku UMKM atau wirausahawan yang mencari cetak brosur murah,demi mempromosikan usaha mereka di tengah pandemi seperti ini. Kadang tanpa mereka sadari ada cara yang lebih efektif pada saat kondisi bertatap muka dan kontak langsung sedang dibatasi seperti ini. Banyak usaha yang pailit dan menutup cabangnya di berbagai kota dikarenakan kondisi pandemi yang tidak kunjung mereda. Akan tetapi apabila anda berencana mencari penghasilan entah itu sebagai penghasilan utama atau sebagai penghasilan tambahan, beberapa sektor ini terbukti dapat bertahan pada saat pandemi covid-19, apa sajakah sektor tersebut?


1.     Makanan Pokok

Membuka usaha yang berkaitan dengan kebutuhan primer manusia salah satunya adalah makanan pokok bisa menjadi pilihan utama anda. banyak sekali unit usaha makanan pokok mulai dari resto atau rumah makan, warung, warteg, berjualan lauk pauk, sembako hingga frozen food. Beberapa bahan makanan tersebut dapat anda jual dengan mudah pada saat pandemi seperti sekrang ini, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan pokok.

2.     Kesehatan

Industri kesehatan selalu dapat menjuarai persaingan antar unit usaha lain. Namun tidak sembarang barang kesehatan yang dapat anda jual. Beberapa contoh barang yang dapat anda jual yang berkaitan dengan kesehatan adalah: masker, hand sanitizer, disinfektan, minuman pemelihara daya tahan tubuh dan alat penunjang kesehatan lainnya.

3.     Jaringan Seluler

Fenomena yang terjadi sekarang mengharuskan kita khususnya di Indonesia untuk menjaga kesehatan dan mengurangi adanya tatap muka di semua kegiatan kita, maka dari itu sebagai alternatif mereka melakukan video conference via handfone atau laptop. Maka dari itu mereka memerlukan internet sebagai medianya dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari penduduk Indonesia.  WIFI menjadi pilihan utama dan paket data sebagai alternatif lainnya, maka dari itu kebutuhan orang akan jaringan seluler tidak berkurang sedikitpun bahkan bertambah.

4.     Pendidikan Dan Pelatihan Online

Selain 3 sektor diatas unit usaha yang berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan online juga sangat laris di masa pandemi ini. Pasalnya dikarenakan banyaknya orang yang melakukan work from home membuat mereka memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai hal. Maka dari itu banyak dari mereka yang mengambil kursus dan juga pelatihan yang dapat dilakukan dirumah secara online.

Apabila anda memiliki atau ingin memulai usaha di bidang bidang tersebut selamat, anda memilik sektor usaha yang dapat bertahan meski dalam kondisi seperti ini. Tidak menutup kemungkinan anda membutuhkan modal lebih bagi anda yang ingin membangun start-up sendiri. Akan tetapi jangan khawatir Karena perbankan pun sekarang sudah memiliki layanan apply kartu kredit online sehingga anda dapat mendapatkannya dari rumah.

Post a Comment

0 Comments