3 Hal Penting Harus Diketahui Sebelum Memberi Susu Formula

Setelah si kecil lepas dari asupan ASI,tentunya susu formula menjadi pilihan untuk menggantikan  asupan asi tersebut moms. Banyak opsi atau pilihan yang moms bisa berikan dalam memilih produk susu yang terbaik. Namun, banyak hal yang harus moms ketahui sebelum memutuskan susu formula apa yang akan diberikan.

Berikut beberapa tips dan informasi penting yang harus mom pahami sebelum memberikan asupan susu bagi si  kecil

 


Pahami kondisi tubuh si kecil

Moms, setiap anak memiliki kondisi dan reaksi yang berbeda-beda akan asupan zat nutrisi yang masuk di dalam tubuh. Ada yang mampu mencerna dan menyerap semua nutrisi dengan baik. Ada juga pada beberapa kasus, tubuh si kecil memberikan reaksi penolakan terhadap zat nutrisi tertentu. Kondisi seperti ini lazim kita kenal dengan istilah alergi. Ada beberapa kasus dari sebagian anak, yang menunjukan gejala seperti alergi ketika mengkonsumsi susu sapi.

untuk mengatasi hal ini, maka alternatif yang mom bisa berikan adalah menggantikannya dengan bahan dasar utama susu yang tidak membuat si kecil alergi contohnya susu soya.

Sesuaikan dengan Usia Anak

Sebagaimana kita ketahui mom,susu formula terbagi atas beberapa tahapan yang disesuaikan dengan umur si kecil. Hal ini berkaitan erat dengan kebutuhan nutrisi yang berbeda pula sesuai dengan tahapan usianya moms. Sebagai informasi mom, pada tahap 6 bulan pertama, kebutuhan asupan nutrisi si kecil semuanya bisa tercukupi dengan ASI. Akan tetapi pada tahap berikutnya, asupan tambahan seperti susu formula dirasa perlu untuk mencukupi nutrisi si kecil mom. Apalagi di 5 tahun pertama, perkembangan otak si kecil akan mengalami peningkatan yang signifikan atau yang kita kenal dengan fase emas. Dimana pada masa ini, si kecil mengalami perkembangan secara pesat baik dalam hal pertumbuhan maupun dalam hal berpikir. Memiliki rasa keingintahuan yang besar dan juga naluri untuk bisa mengeksplorasi apa yang ada disekitarnya. Di tahapan usia ini juga, otak anak telah memproduksi lebih dari milyaran sel serta triliunan koneksi antar sel  (sinaps)

Kandungan Nutrisi yang diperlukan

Paham akan komposisi serta kandungan nutrisi pada susu formula yang akan diberikan, itu sangat penting lho mom. Paham yang dimaksud, berarti moms tahu komposisi kandungan nutrisinya. Dan yang tidak kalah penting adalah moms tau secara detail fungsi dari nutrisi tersebut untuk perkembangan tubuh si kecil.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai kandungan nutrisi dalam susu formula yang wajib mom tahu. Serta apa fungsi dari nutrisi tersebut untuk si kecil.

  1. DHA atau Docosahexaenoic acid merupakan salah satu komponen nutrisi atau zat gizi yang penting dalam susu.Pasalnya, komponen gizi yang satu ini memiliki peranan penting dalam hal mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil, Selain itu juga berfungsi untuk menjaga kinerja fungsi otak berjalan dengan normal.
  2. Kolin merupakan zat nutrisi untuk meningkatkan daya ingat si kecil
  3.  Asam linoleat atau yang dikenal dengan omega 6 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang berfungsi dalam pembentukan membran sel otak serta menutrisi sel-sel otak
  4. Asam alfa linolenat (omega 3) sama halnya dengan omega 6 zat ini juga merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh mom. Zat nutrisi ini diperoleh dengan mengkonsumsi asupan makan tertentu. Omega 3 ini memiliki fungsi dan peranan penting dalam hal pembentukan otak serta kecerdasan si kecil mo.

Dari ketiga hal diatas, apakah mom telah melakukanya? jika belum ada baiknya mom melakukan nya mulai dari sekarang. Memberikan asupan terbaik untuk si kecil sejak dini itu sangat penting. Termasuk dalam hal memilihkan susu formula yang terbaik . Semoga bermanfaat ya mom.

Post a Comment

0 Comments