Khasiat Buah Kencur

 Para ibu rumah tangga tak gila memakai kencur sebagai bumbu masak Khasiat Buah KencurKencur mempunyai khasiat luar biasa. Para ibu rumah tangga tak gila memakai kencur sebagai bumbu masak. Bahkan masyarakat Sunda telah terbiasa mengkonsumsi daun kencur sebagai lalapan mentah. Masyarakat Dayak juga memakai rimpang kencur untuk menciptakan ragi dan zat warna alami. Sementara itu, masyarakat Padang memanfaatkan ramuan kencur untuk merangsang pertumbuhan bulu alis dan bulu mata.

Caranya: rimpang kencur dibentuk tepung dan dioleskan sebagai bedak.

Sebagai tumbuhan obat, kencur juga berkhasiat mencegah dan menyembuhkan aneka macam penyakit. Nenek moyang kita juga telah mewarisi ramuan beras kencur untuk obat gosok pada infeksi dan encok.

Rimpang kencur mengandung minyak asiri, cinnamal, aldehid, asam motil p-cumarik, asam cinnamat, etil ester dan pentadekan. Refrensi lain mengatakan bahwa rimpang kencur juga mengandung sineol, paraeumarin, asam anisic, gom, pati, dan mineral. Kandungan kimia itulah yang menimbulkan rimpang kencur banyak dipakai untuk pengobatan.

Post a Comment

0 Comments